Pages

Friday, January 10, 2014

PERSIAPAN HIDROPONIK SISTEM SUMBU (Wicks System Hydroponics)

Hidroponik sistem wicks sering menjadi pilihan bagi pemula, karena sangat mudah diaplikasikan dan tidak membutuhkan peralatan yang rumit.

Peralatan yang diperlukan antara lain adalah wadah nutrisi, Netpot, styrofoam yang diberi lubang dan sumbu dari kain flanel.

Bak Plastik
Wadah nutrisi dapat berupa bak plastik, pot , box bekas es krim, box bekas chery, ember, botol bekas aqua, jarigen bekas, box styrofoam bekas buah anggur, dan lain sebagainya.
Jarigen Bekas
Pot segi panjang





Netpot dapat menggunakan netpot khusus hidroponik atau memanfaatkan gelas plastik bekas minuman, usahakan gunakan yang tidak bening. Gelas plastik bening memicu timbulnya lumut.





PERSIAPAN:

Ambil lembaran Styrofoam, lalu telungkupkan bak plastik diatasnya. Gunakan spidol untuk menggambar ukuran bak plastik, lalu potong Styrofoam mengikuti garis tersebut. Sehingga diperoleh ukuran Styrofoam yang pas sebagai tutup bak plastik.



Buat lubang pada Styrofoam yang berfungsi menggantung net pot. 
Ambil Styrofoam untuk persiapan pembuatan lubang.
Ukur jarak antar lubang sekitar 15 cm. Untuk melubangi Styrofoam gunakan kaleng sarden yg dipotong tutupnya kemudian dihaluskan dengan menggunakan asahan pisau lalu putar pada bagian yang akan dilubangi. Pilih kaleng sarden ukuran kecil yang diameternya mirip ukuran net pot.

Atau untuk melubangi styrofoam gunakan kawat yang dibentuk seukuran dengan netpot, lalu dipanaskan kemudian tancapkan ke styrofoam.

Pelubang styrofoam














1 comment: