Pages

Sunday, January 12, 2014

HIDROPONIK SISTEM WICKS

SEMAI DENGAN ROCKWOOL HINGGA PINDAH TANAM


1. Siapkan benih yang akan ditanam.
Benih Selada











2. Potong-potong rockwool ukuran 2,5 x 2,5 x 2,5 cm
Media tanam: Rockwool
















3. Ambil benih menggunakan tusuk gigi yang dibasahi
Benih selada
















4. Masukan ke dalam Rockwool, satu benih ke dalam satu potong rockwool (untuk kangkung dan bayam bisa 3 benih dalam satu potong Rockwool)

5. Semprot Rockwool menggunakan air tanpa nutrisi dengan spray  setiap hari, simpan ditempat teduh, tunggu hingga berkecambah.

Semprot semaian
















6. Setelah berkecambah segera pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari. Supaya bibit tumbuh dengan baik, batang tidak kutilang (etiolasi).

Setelah tumbuh hingga muncul daun sejati, tanaman berdaun 4 maka pindahkan ke media tanam sistem wicks. Dengan langkah sebagai berikut:

Larutan Nutrisi
Ambil ember, isi air sekitar 5 liter. Kemudian ambil nutrisi pekat A (Stok A) sebanyak 25 ml, aduk rata. Kemudian tambahkan nutrisi pekat B (Stok B) 25 ml dan aduk rata. Perbandingan Nutrisi adalah 5 ml A dan B dalam 1 liter air.


1. Siapkan bak plastik atau pot plastik, isi dengan larutan nutrisi sekitar setengahnya.

2. Ambil netpot dan masukan sumbu.
Masukan sumbu
















3. Basahi sumbu dengan air nutrisi.

Basahi sumbu
















4. Letakan styrofoam yang sudah dilubangi diatas bak plastik yang sudah berisi nutrisi. Letakan netpot ke dalam lubang styrofoam. Ambil rockwool yang berisi tanaman berdaun 4, letakan ke dalam netpot.

5. Letakan bak plastik pada area yang terlindung dari hujan, namun masih bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.

6. Cek air nutrisi setiap minggu, jika berkurang segera tambahkan nutrisi. Jika tanaman sudah semakin besar cek air nutrisi 4 hari sekali, karena tanaman besar akan cepat sekali menghisap nutrisi. Dalam waktu 4-5 minggu setelah tanam, sayuran siap dipanen.










































No comments:

Post a Comment